Minggu, 03 April 2011

Post Traumatic Stress Disorder

Pengertian
Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah kecemasan patologis yang umumnya terjadi setelah seseorang mengalami atau menyaksikan trauma berat yang mengancam secara fisik dan jiwa orang tersebut.
Trauma yang ini bisa disebabkan oleh bencana seperti bencana alam (gempa bumi, banjir, topan), kecelakan, kebakaran, menyaksikan kecelakaan atau bunuh diri, kematian anggota keluarga atau sahabat secara mendadak.
Hal ini dialami oleh jepang yang beberapa minggu lalu mengalami bencana alam gempa dan tsunami. Gempa dan Tsunami telah meluluh lantakan jepang. Kedahsyatannya Tsunami di Jepang berdampak terhadap terjadinya tsunami mini di negara-negara pasifik, termasuk di Indonesia bagian timur. Memang efek tsunami ini tidak sehebat tusnami jepang. Banyak dampak yang ditimbulkan dari tsunami ini, seperti dampak ekonomi, social, dan psikologisnya.
Dampak psikologis yang ditimbulkan dari bencana ini sangatlah besar. Banyak masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana mengalami post traumatic stress disorder ini. Begitu juga dengan jepang, walaupun jepang adalah daerah rawan gempa dan tsunami, serta infrastrukturnya di desain agar aman dari bencana gempa dan tsunami,akan tetapi mereka masih mengalami post traumatic stress disorder ini.
Banyak warga jepang yang bereaksi diam dan berwajah pucat saat mendengar kata gempa. Ditambah lagi dengan meningkatnya krisis nuklir. Ini mengakibatkan warga mengalami stress . post traumatic stress disorder ini juga menimbulkan beberapa akibat, diantaranya adalah gangguan emosi. Orang yang mengalami atau menyaksikan bencana gempa dan tsunami ini biasanya mengalami halusinasi dan depresi. Ia juga mengalami mimpi buruk, kecemasan dan ketakutan akibat gempa dan tsunami yang dia lihat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar